Tuesday, July 22, 2008

Menonton dan Membaca dengan Anak

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Amsal 4:23

Saya sangat concern dengan tontonan dan bacaan anak saya. Baik itu di tv, bioskop maupun buku-buku yang beredar. Saya tahu tidak bisa mengurung dia di dalam tempurung, karena itu tidak akan melindungi dia dari saat nanti kalau sudah keluar dari tempurung.

Jadi saya selalu membimbing dia untuk tahu mana yang baik dan yang jahat. Saya selalu berdoa supaya Tuhan suatu hari memberi dia hikmat untuk tahu sendiri kehendak Tuhan, mana yang baik, berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2).

Ini adalah warisan terbaik yang bisa kita berikan pada anak-anak kita.

Kita bisa berusaha, Tuhan yang menjaga mereka di tanganNya. Dan Dia bisa dipercaya. Tuhan juga sedang memakai kita untuk menjadi pelindung dan pembimbing dari anak-anak kita.

Menonton film tidak harus. Lebih baik pergi piknik bersama ke mana, gitu. Tetapi bila nonton, jangan lupa kemudian obrolkan apa yang bagus atau kurang bagus dengan anak Anda.

Saya lebih suka film atau buku yang dunianya jelas berbeda dari dunia ini, dan tidak menyebut sama sekali tentang keberadaaan Tuhan (misalnya buku-buku Narnia, Stuart Little dan Harry Potter); daripada film atau buku yang menyinggung tentang Tuhan dan mengajarkan doktrin yang keliru tentang Tuhan (misalnya buku trilogi-nya The Golden Compass, The Subtle Knife dan The Amber Spyglass).

Strategi melindungi anak:

Bacalah buku yang anak baca. Tontonlah film dan tv yang anak tonton.

Kalau bisa, baca dulu sebelum diberikan kepada mereka.

Anak-anak cukup bisa membedakan antara imajinasi dan kenyataan. Jadi adalah baik untuk memberi dia berbagai buku yang bermutu, atau nonton film yang bermutu bila perlu. Imajinasi dibutuhkan anak untuk bisa mengerti tentang dunia di mana dia hidup. Jadi perlu bagi anak untuk membaca buku-buku yang menggugah imajinasinya. Adalah tanggung jawab orangtua untuk mengawasi semua yang ditonton dan dibaca anak supaya Anda bisa menjadi sobatnya dalam ngobrol.

Tentang film bioskop, prinsip ini perlu buat anak: kalau tidak perlu nonton, tidak usah nonton. Bahkan film bagus sekalipun. Sebab di dalam film selalu ada kekerasan atau seks sedikit. Wahai ortu, lebih baik Anda berkorban tidak nonton daripada membawa anak Anda pergi nonton film yang tidak baik untuk dia.

Sewaktu-waktu saya akan mem-posting rekomendasi tentang film-film yang sedang beredar di dunia.

Harap diingat bahwa:

- anak di bawah 5 tahun sebaiknya tidak usah diajak nonton film yang bukan khusus untuk anak.

- anak usia berapapun (apalagi remaja) perlu dibimbing. Ajaklah ngobrol ringan tentang apa yang baru ditonton dan luruskan kalau pemahamannya berlawanan dengan Alkitab.


Selamat membimbing anak! Dan,
Selamat menikmati persahabatan dengan remaja Anda!

No comments: