Monday, September 8, 2008

hidup susah

Hidup menjadi orang Kristen itu adalah komitmen untuk hidup susah, sebab perintah Tuhan kepada kita adalah untuk memikul salib.

Hidup susah bukan berarti hidup miskin atau kaya. Bukan hanya berarti sakit atau sehat. Melainkan juga hidup dihina orang karena Tuhan Yesus, dipecat atau tidak dinaikkan gaji karena iman kepada Tuhan Yesus, kehilangan teman karena Tuhan Yesus, dibilang fanatik karena rajin mempelajari Alkitab (bible study) demi mengenal Tuhan Yesus lebih lagi, dan lain-lain.

Lukas 9:23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku."

Karena itu bersukacitalah bila setelah menjadi Kristen Anda justru mengalami banyak kesusahan karena Tuhan Yesus. Sebab itulah salah satu tandanya Anda milik Kristus, yaitu Anda memikul salib yang sudah ditentukanNya dengan penuh kasih, khusus bagi Anda.

Matius 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Memikul salib dengan setia sesungguhnya akan memberi kita sukacita, karena Kristus yang menyertai kita adalah lemah lembut dan rendah hati, Ia setia menolong.

Lebih baik berada di bawah beban salib yang ditaruhNya di atas kita, baik itu penyakit, masalah keuangan ataupun masalah keluarga, dan lain-lain, daripada berada di bawah beban dosa yang pasti tidak sanggup kita tanggung sendiri. Memikul salib sesungguhnya membawa damai sejahtera, istirahat, ketenangan, bagi kita. Karena kita berada total di bawah kehendakNya bagi kita pada hari ini.

Karena itu marilah kita bersama saling mendoakan bukan untuk berkat materi atau kesembuhan fisik saja, tetapi terutama untuk iman yang makin bertumbuh, kekudusan yang makin hari makin nyata. Iman yang bertumbuh dan kekudusan itu hanya bisa kita capai melalui kesetiaan kita memikul salib hari demi hari. Yaitu misalnya melalui:
  • bersabar mengajar/mendisiplin anak-anak yang bandel di rumah,
  • bersabar menjalani sakit penyakit,
  • bersabar melewati kesulitan finansiil,
  • bersabar melengkapi kelemahan suami/istri,
  • dan sebagainya.

Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

Roma 8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Filipi 1:29 Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.

No comments: